Nasi Goreng Rempah (1)

13427773_10208513514587364_5590230203797814849_n

Nasi goreng ini merupakan masakan hasil kreasiku sendiri. Aku mencoba bereksperimen untuk mengenal cita rasa setiap jenis rempah-rempah. Awalnya sih karena sempat mencoba membeli nasi goreng kencur di kafe Tjikoetra 198 dekat rumah yang ternyata rasanya unik dan enak. 😀 Jadinya, pengen coba membuat nasi goreng pake kencur deh… Hanya saja, yang ini mah masih aku tambahin rempah lainnya… hehe… Gak perlu pakai vetsin udah enak kok…

bahan-bahan:

  • bawang merah 5 siung
  • bawang putih 3 siung
  • cabai merah 5 buah
  • kunyit 2 cm
  • terasi secukupnya
  • lengkuas 3 cm
  • kemiri 3 butir
  • kencur 3 cm
  • telur 2 butir
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • sawi hijau secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • nasi untuk 4 porsi
  • minyak goreng sedikit saja (bisa diganti dengan margarin)
  • daun bawang

Cara Membuat

  1. Sangrailah terasi atau bakarlah sebentar, kemudian sisihkan.
  2. Sangrailah kemiri, kemudian sisihkan.
  3. Potong-potonglah sawi dan daun bawang sesuai selera setelah dibersihkan, kemudian sisihkan.
  4. Bersihkan dan kupas kencur, kunyit, dan lengkuas, kemudian sisihkan.
  5. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kencur, garam, gula, ketumbar, dan terasi.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebagian.
  7. Masukkan telur ke dalam wajan, tunggu sebentar hingga telur mulai memutih, kemudian diorak-arik hingga tecampur dengan bumbu.
  8. Masukkan sisa bumbu ke dalam wajan, kemudian aduk-aduk.
  9. Masukkan nasi ke dalam wajan, kemudian aduk-aduk hingga sedikit tercampur dengan bumbu.
  10. Masukkan sawi, kemudian aduk-aduk kembali bersama nasi.
  11. Berilah kecap manis ke dalam masakan secukupunya, kemudian aduk hingga merata.
  12. Terakhir, masukkan potongan daun bawang, kemudian aduk kembali hingga merata.

Selesai 🙂 Masakan bisa dicicipi terlebih dahulu. Jika kurang garam/gula, dapat ditambahkan sedikit-sedikit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s