Sayur Bayam Rempah-Rempah

13325687_10208440943733138_289582406265903019_n

Berawal dari rasa rindu suami saya pada masakan Thailand saat suami saya meliput kondisi Pattani. Bahkan saya diminta untuk membuat sambal Pattani yang belum pernah saya coba… XD Dari hasil googling sih ternyata masakan Thailand itu banyak memakai rempah-rempah ternyata. Entah gimana ceritanya (saya lupa), sayur bayam ini akhirnya “iseng” saya kasih jinten dan cengkih. Rasanya uniiik… ^^ Saya gak bilang-bilang sih mau iseng di sayur bayam ini. Tapi suami saya sukaaa hehe dan komentar suami, “Ih mirip masakan Pattani, Yang…” heu… Baru mirip sih, belum sama ^^a Semoga kapan-kapan diajak ke Pattani untuk mencoba masakan sana… šŸ™‚ tapi kondisinya belum tahu sih udah aman atau belum… šŸ˜¦

Bahan-Bahan

  • Bayam Merah 1 ikat
  • Bawang Merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Bubuk jinten secukupnya
  • Bubuk cengkih secukupnya
  • Bubuk lada/merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat

  1. Siangilah bayam mentah dan buang bagian akarnya, lalu cuci bersih dan sisihkan.
  2. Rebuslah air bersih hingga mendidih.
  3. Sambil menunggu air mendidih, tumislah bawang merah dan bawang putih yang telah diiris tipis-tipis. Kalau memasak, saya memang suka bawangnya banyak… šŸ™‚ karena bawang yang ditumis itu mengandung MSG alami. Kemudian, tumisan bawang dimasukkan ke dalam air rebusan.
  4. Masukkan bayam yang telah disiapkan ke dalam air rebusan.
  5. Masukkan bumbu-bumbunya, temasuk gula dan garam.

Beeees deeh… šŸ™‚

Leave a Reply

