Enggan Masuk Surga

Beautiful_Rivers_in_the_world_pictures_1600_x_1200_wallpapers-15.jpg_Big_Leaf_Maple_Trees_along_the_Quinault_River._Quinault_Rain_Forest_Washington_display

(Tulisan ini disalin dari status FB tanggal 30 Mei 2015 yang dilengkapi/ditambahkan beberapa hal.)

“Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang-orang yang enggan untuk memasukinya.”

Ada seseorang yang bertanya, “Siapakah orang yang enggan tersebut wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Barangsiapa mentaatiku akan masuk surga, barangsiapa tidak taat kepadaku sungguh dia orang yang enggan masuk surga.“ (terjemahan HR Bukhari)

Pernahkah kita bertanya-tanya, apa hakikat orang yang nantinya masuk Neraka? Adilkah Allah menciptakan Neraka padahal semua terjadi atas takdir-Nya?

Tidak perlu merasa heran atas orang2 yang nanti dihukum di akhirat sehingga mereka masuk Neraka krn pada hakikatnya, mereka “enggan” masuk surga. Saya pernah mengajukan pertanyaan kepada seseorang dari angkatan bawah (junior), “Firaun itu kira-kira mau masuk surga gak?” Dia pun mulai tercerahkan, “Gak sih teh kayaknya…” Lalu, saya pun melanjutkan penjelasan, “Nah, kalau masuk surga aja gak mau, buat apa kita merasa kasihan dengan Firaun sampai berani mengatakan bahwa Allah itu tidak adil? Bahkan dia mengaku-aku sebagai Tuhan dg sombongnya… Itu artinya dia udah siap dengan konsekuensinya.”

Selain itu, bagi yang mau mengambil banyak hikmah, kita akan menyadari bahwa adanya Neraka diciptakan justru bentuk keadilan Allah. Tidakkah kita ingat betapa banyak hukum (buatan manusia) yang berlaku di bumi ini sangatlah tidak adil? Orang yang dengan sengaja membunuh manusia yang tidak pantas dibunuh, dibiarkan saja hanya masuk penjara. Hukum balasan nyawa dengan nyawa dianggap melanggar HAM. Padahal, pihak keluarga korban pembunuhan (biasanya) tidak akan rela jika pelaku tidak dihukum mati. Dihukum mati tidak, diminta membayar denda sejumlah tertentu untuk keluarga korban juga tidak. Adilkah itu? Tidakkah kita ingat mungkin kita pernah sampai merasa geram karena melihat ketidakadilan di depan mata kita tanpa ada penyelesaian? Maka, Neraka disiapkan oleh orang2 yang telah berbuat zhalim seperti itu jika ia belum bertaubat sebelum ajalnya. Begitu pula perbuatan zhalim lainnya seperti korupsi/mencuri, memperkosa wanita, dan perbuatan-perbuatan dosa besar lainnya. Dosa besar itu banyaak… >_< Tidak hanya yg disebutkan barusan…

Bukankah justru tidak adil jika yang masuk surga itu bisa siapa saja, baik yang taat maupun yang senang maksiat? Lebih adil mana, orang yang telah banyak berbuat dosa besar tanpa rasa bersalah masuk Surga atau masuk Neraka? Padahal, untuk melakukan ketaatan dibutuhkan pengendalian hawa nafsu yang tidak mudah. Ketaatan bagaikan mendaki di jalan yang sukar. Sebaliknya, kemaksiatan sangat disenangi oleh hawa nafsu. Kemaksiatan bagaikan mencari kesenangan sesaat dengan jalan pintas. Apakah sama, orang yang bertakwa dengan orang yang senang berbuat dosa? 😥 Maka, sangatlah adil bahwa yang taat masuk surga, sedangkan yang senang maksiat masuk neraka (jika belum bertaubat dan belum diampuni Allah).

Sudah dikatakan oleh Rasul bahwa orang yang senang maksiat itu sama saja dia “tidak mau” masuk surga. Bahkan ada yang sampai menantang adzab Allah. Disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Anfal ayat 32 yang artinya: “Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata, ‘Ya Allah, jika betul Al-Quran ini benar-benar dari-Mu, hujanilah kami dg batu dr langit, atau datangkanlah adzab yg pedih kpd kami.” Ini bukti mereka tidak mau masuk surga. Maka, beruntunglah orang-orang yg masih mengharapkan surga. Semoga orang-orang yang masih mengharapkan surga diberikan husnul khatimah… Aamiin… >_< Bahkan, sesungguhnya rahmat Allah lebih luas daripada adzab-Nya. Pintu Surga telah terbuka di saat pintu Neraka masih tertutup ketika di akhirat nanti. Tentang luasnya rahmat Allah akan saya bahas di halaman lain, in syaa Allaah.

Sumber: kajian aqidah ustadz Abuyahya Purwanto, buku Agar Al-Quran Menjadi Teman, dan kajian-kajian Islam lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s