Memperbaiki Orang Lain

Entah teman, adik, pasangan hidup, anak, bahkan orang tua, bisa jadi terkadang membuat kita merasa tidak nyaman karena sikap mereka. Kita pun ingin memperbaiki tingkah mereka. Bersi keras dengan cara apapun agar mereka berubah.

Namun, kita juga sering lupa bahwa masih banyak kesalahan dan kekurangan kita yang belum kita perbaiki. Aa Gym selalu bilang, untuk memperbaiki orang lain, masyarakat, bahkan negara, harus dimulai dari diri sendiri, dimulai dari hal yang kecil, dan dimulai dari sekarang. Tidak ada jalan untuk memperbaiki orang lain tanpa ada usaha memperbaiki diri sendiri. Orang yang paling keras usahanya dalam memperbaiki orang lain adalah orang yang paling berjuang memperbaiki dirinya sendiri.

Perubahan diri ke arah yang baik itu tidak hanya merupakan langkah-langkah kecil yang nantinya akan menjadi hasil yang besar, tetapi juga dapat memberikan energi kepada orang lain untuk juga berbuat kebaikan yang sama. Tanpa kita sadari. Coba saja, apa yang kita rasakan jika kita mendengar cerita atau bahkan melihat langsung jerih payah seseorang dalam berbuat kebaikan? Tentu, kita akan takjub. Setelah itu, kita pun termotivasi untuk melakukannya. Menjadi inspirasi bagi orang lain. Inspirasi setiap generasi. *abaikan* ^^ (tagline tabloid Alhikamh soalnya)

Saya sangat setuju dengan Aa Gym. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s