Jawaban Soal Matematika Menebak Tanggal Lahir Cheryl ^^

10427357_10153135839858190_4290693861040954166_n

Diketahui:

  • Albert diberitahu bulan kelahiran Cheryl
  • Bernard diberitahu angka tanggal kelahiran Cheryl
  • David diberitahu angka yang berbeda dengan angka kelahiran Cheryl dan bulan yang berbeda dengan bulan kelahiran Cheryl

Hehe… Di atas ini maksudnya ingin memperjelas soal dengan asumsi kebanyakan orang dan anggap saja maksudnya disepakati seperti di atas ini… Maklum, soalnya ambigu… 😀

1. Albert: Saya tidak tahu kapan lahirnya Cheryl, tetapi saya tahu bahwa Bernard tidak mengetahuinya juga.

Dari sini, kita dapat lebih menafsirkan bahwa Albert yang telah menyimpan bulan kelahiran Cheryl (tentu kita sepakat tidak mungkin seseorang mengetahui tanggal hanya dari bulannya saja kan ^^) telah mengetahui bahwa saat itu si Bernard yang diberi tahu angka tanggalnya juga tidak tahu.

Kok si Albert bisa tahu bahwa si Bernard juga tidak tahu? Tentu itu karena si Albert tidak mendapat (dari Cheryl) bulan Mei dan Juni.

Jika seandainya Bernard mendapat angka 19 atau 18, tentu ia akan langsung mengetahui bulannya sekaligus karena angka 19 hanya ada pada bulan Mei, sedangkan angka 18 hanya ada pada bulan Juni. Nah, sayangnya, Albert tidak mendapat baik bulan Mei maupun Juni sehingga ia yakin bahwa Bernard (yang hanya mengetahui angkanya saja) pasti juga tidak tahu.

Jadi, eliminasi (coret) bulan Mei dan Juni untuk tanggal lahir Cheryl.

 

2. Bernard: Saya tadi (sebelum Albert mengatakan sesuatu barusan) tidak tahu, dan sekarang saya masih tidak tahu.

Awalnya Bernard tidak tahu, itu wajar karena dia hanya tau angkanya saja tanpa bulan. Untuk selanjutnya Bernard akan saya kasih label “(a)” untuk angka, sedangkan Albert saya kasih label “(b)” untuk bulan. 😀 Nah, setelah Albert(b) mengatakan suatu petunjuk barusan, ternyata Bernard(a) masih belum tahu. Apa artinya itu?

Pilihan yang tersisa adalah pada bulan Juli, Agustus, dan September.

Namun, Bernard(a) masih belum bisa menentukan tanggalnya yang mana. Ini berarti Bernard(a) tidak mendapat angka 15, 22, dan 17 karena angka-angka ini hanya ada pada bulan yang khusus saja. Seandainya, Bernard(a) mendapat angka 15, pastilah ia langsung tahu bahwa tanggal lahir Cheryl adalah 15 Juli. Begitu pula angka 22 yang hanya ada pada bulan Agustus dan angka 17 yang hanya ada pada bulan September. Ini bertentangan dengan faktanya (Bernard(a) belum tahu).

Jadi, eliminasi tanggal 15 Juli, 22 Agustus, dan 17 September.

 

3. Albert: Saya masih tidak tahu kapan Cheryl lahir. Setelah mengatakan ini, saya yakin David juga masih tidak tahu.

Albert(b) masih tidak tahu berarti dia tidak mendapat bulan Juli yang pilihan angka tanggalnya tersisa hanya satu saja, yakni tanggal 16 Juli. Seandainya, ia mendapat bulan Juli, pastilah ia langsung mengetahuinya.

Jadi, eliminasi tanggal 16 Juli. 😀

Tersisa bulan Agustus dan September dengan tanggal tertentu.

Kok bisa si Albert(b) mengetahui bahwa David tidak tahu? Padahal kan Albert(b) tidak tahu tanggal tertentu yang didapatkan David…

Kalau kita perhatika pilihan yang tersisa, bulan Agustus tinggal 2 pilihan saja, sedangkan bulan September masih ada 3 pilihan. Kalau seandainya David memperoleh tanggal tertentu di bulan September, pastilah ia masih ada kemungkinan mengetahui tanggal lahir Cheryl pada bulan selainnya, yaitu Agustus, karena tinggal hanya 2 pilihan saja. Misalnya saja, David diberitahukan tanggal 20 September, pasti langsung tahu bahwa tanggal lahir Cheryl adalah 14 Agustus. Namun, karena Albert(b) mendapat bulan September (yang masih ada 3 kemungkinan), maka wajarlah ia yakin bahwa David tidak mungkin sudah mengetahuinya dan tentu tanggal yang didapatkan David ada pada bulan selain September. Itu berarti bisa bulan Mei, Juni, Juli, dan Agustus.

Jadi, kita sekarang fokus pada bulan September untuk tanggal lahir Cheryl. ^^

 

4. David: Aku tidak mengetahui baik angka tanggalnya maupun bulannya, sebelum Albert(b) mengatakan kalimat terakhirnya tadi, tetapi setelah ia mengatakannya, aku sekarang mengetahui bulannya.

David tidak mengetahui apapun dari tanggal lahir Cheryl (maklum, yang dia dapat justru tanggal yang bukan tanggal lahir Cheryl ^^) sebelum Albert(b) mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa David pun tidak mengetahuinya. Kemudian, David mengetahui bulannya. Bulan apakah itu? Pastinya, bulan September… ^^

Karena awalnya David tidak tahu bulannya sekalipun, itu berarti David mendapat bulan selain Agustus (dan tentunya juga selain September).

Jadi, kemungkinan bulan yang diberitahukan kepada David semakin sedikit, yakni tinggal Mei, Juni, dan Juli.

 

5. Bernard: Tadinya saya tidak mengetahui kapan Cheryl lahir sebelum Albert(b) mengatakan kalimat terakhirnya, tetapi setelah ia mengatakannya, saya sekarang mengetahui kapan Cheryl lahir.

Awalnya Bernard(a) tidak tahu, berarti ia masih bingung antara bulan Agustus dan September. Namun, kalimat terakhir Albert(b) membuka tabir rahasia itu karena sudah jelas Albert(b) pasti menyimpan bulan September. Maka, lengkaplah informasi bagi Bernard(a). Kemungkinan angka yang disimpan Bernard(a) ada 2, yaitu 14 atau 20. Jika seandainya ia menyimpan angka 16, maka pastilah ia sudah mengetahui bulannya sejak awal tanpa perlu diberi kode oleh Albert(b) dengan kalimat terakhirnya itu.

Namun, walaupun pada tahap ini Bernard(a) telah mengetahui tanggal lahir Cheryl, kita para pembaca masih belum bisa menentukan… 😀

 

6. David: Maka saya sekarang pun tahu kapan Cheryl lahir (setelah mendengar kalimat Bernard(a) barusan).

Kok bisa???

Dengan memanfaatkan 2 kemungkinan tanggal lahir Cheryl yang tersisa, kita pun bisa mengecek 2 angka tanggal tersebut pada bulan-bulan yang menjadi kemungkinan yang didapatkan David. Karena cuma ada 2 kemungkinan, tentu menjadi mudah menentukan tanggal lahir Cheryl bagi David. Jika David memperoleh tanggal 14, pastilah tanggal lahir Cheryl adalah yang 20. Begitupun sebaliknya.

Setelah dicek pada bulan Mei, Juni, dan Juli, ternyata tidak ditemukan tanggal 14 sama sekali. Nah, ini berarti David memperoleh angka tanggal 20 dan itu hanya ada pada bulan Juni.

Jadi, pada tahap ini, dapat diketahui tanggal yang diberitahukan Cheryl kepada David, sekaligus tanggal lahir Cheryl. Tanggal David 20 Juni, sedangkan tanggal lahir Cheryl tanggal 14 September.

 

7. Albert: Sekarang, aku pun mengetahuinya juga.

Maka, wajarlah si Albert(b) pun akhirnya mengetahuinya juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s