Konflik Yaman: Siapa Saja yang Membantu Arab Saudi?

Tulisan ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh kebarutahuan saya tentang ikut campurnya Amerika di belakang Arab Saudi. Betulan deh, saya baru tau bahwa Amerika ikut nebeng Arab Saudi dalam memerangi Syiah Houtsi. 😦

Nah, mengetahui fakta ini, saya pun ingin mengaitkan dengan tulisan sebelumnya yang bertemakan hal yang sama.

“Kenapa Arab Saudi tidak menyerang Israel atau Amerika saja?”

Wah, pertanyaan di atas semakin tidak nyambung jika mengetahui fakta ini bahwa Amerika mendukung Arab Saudi menyerang syiah Houtsi. Amerika saja ikut menyokong bala bantuan, bagaimana mungkin Arab Saudi menyerang Amerika? (Ini pertanyaan orang tertentu loh ya… Yang tidak merasa punya pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu sensitif kan ya, merasa disindir padahal yang disindir itu orang yang berbeda…) Berikut berita dukungan AS kepada Arab Saudi.

http://internasional.kompas.com/read/2015/04/08/06272421/Amerika.Serikat.Kirim.Persenjataan.dan.Intelijen.untuk.Bantu.Saudi.Perangi.Houthi

http://www.tempo.co/read/news/2015/04/01/116654533/AS-Sanjung-Koalisi-Arab-Saudi-Serang-Houthi-di-Yaman

http://international.sindonews.com/read/986684/44/dukung-saudi-serang-yaman-as-kirim-senjata-1428470697

Waktu tau AS ikut campur, ada rasa tidak suka sih… AS itu selalu saja ikut campur urusan negara lain. AS juga ikut campurnya hanya urusan politik dan kekuasaan. Tapi fakta ini tidak berarti jadi menyalahkan Arab Saudi menyerang Syi’ah Houtsi. Balik lagi ke awal, apa dan siapa itu syiah? Apa bahayanya jika syiah dibiarkan berkuasa dan menyebar?

Namun, Arab Saudi pun telah membentuk koalisi. Arab Saudi dalam penyerangannya kepada Suku Syi’ah Houtsi dibantu oleh Sudan, Mesir, UAE, Yordania, dan Pakistan. Turki dan Malaysia pun turut membela (mendukung) Aab Saudi karena tindakan kudeta Syi’ah Houtsi tidak dapat dibenakan. Walaupun begitu, Turki menginginkan solusi politik dan damai. Hmm… Menurut saya, syi’ah houtsi tidak akan mau menerima solusi damai tersebut. 😀 Syi’ah gitu loh… Hal ini bisa dibaca pada artikel berikut.

https://www.islampos.com/turki-dukung-koalisi-arab-serang-syiah-houthi-di-yaman-172653/

https://www.islampos.com/turki-pakistan-sepakat-percepat-upaya-damai-di-yaman-176638/

Berita tentang awal terjadinya konflik Yaman bisa dibaca di sini:

https://www.islampos.com/jerman-wajar-negara-teluk-serang-houthi-173003/

Yap, seperti yang sudah saya katakan di tulisan sebelumnya bahwa konflik Yaman ini diawali dengan pemberontakan suku syiah Houtsi kepada pemerintah sah Yaman. Jadi, yang berulah pertama kali itu syiahnya, bukan Arab Saudinya. Arab Saudi hanya membantu pemerintah sah Yaman untuk menyerang pelaku pemberontakan.

https://www.islampos.com/siapa-syiah-houthi-dan-apa-yang-mereka-inginkan-di-yaman-1-172664/

https://www.islampos.com/siapa-syiah-houthi-dan-apa-yang-mereka-inginkan-di-yaman-2-habis-174761/

Saya menggugat pernyataan bahwa Suku Houtsi menganut murni syiah Zaidiyyah. Apa benar begitu? Syiah Zaidiyyah itu tidak mungkin seperti itu. Syiah Zaidiyyah itu kan tidak membenci Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Aisyah. Syi’ah Zaidiyyah juga tidak mungkin menyerang orang-orang sunni dan tidak mungkin bekerja sama dengan Iran yang jelas Rafidhah untuk memberontak pemerintah sah Yaman. Masalahnya, mereka yang berulah lebih dahulu. Berbeda dengan Arab Saudi yang hanya memenuhi permintaan untuk membantu pemerintah sah Yaman melawan Suku Houtsi.

Di artikel Islampos di atas juga dibeberkan fakta bahwa sebelumnya suku Houtsi ini telah menyerang orang-orang sunni. Yah… Saya mah sudah tidak heran lagi… Saya sudah tahu bahwa Syiah memang begitu walaupun mereka minoritas. Minoritas yang tak tahu diri. Kata Prof. Baharun, konflik sunni-syiah juga dilatarbelakangi oleh kesewenang-wenangan kaum minoritas (orang syiah yang ingin menguasai orang sunni). Kalau mereka tidak berulah, tidak akan ada tuh konflik sunni-syiah. Apakah sunni harus diam saja? Ini baru namanya bodoh. Dipermainkan oleh kaum minoritas kok diam saja… Berikut berita tentang ulah yang dilakukan Syiah Houtsi di Yaman.

https://www.islampos.com/rakyat-yaman-syiah-houthi-tumor-kanker-di-negara-kami-selamat-datang-era-baru-173443/

https://www.islampos.com/dukung-koalisi-teluk-serang-houthi-ribuan-warga-yaman-gelar-aksi-unjuk-rasa-172630/

Saya jadi teringat pada masa kaum Khawarij muncul pertama kali. Mengapa mereka diperangi padahal kan mereka masih muslim? Ya itu karena mereka memerangi lebih dahulu. Logis kan…

Berikut saya kutipkan bagian dari buku Teologi dan Ajaran Shi’ah Menurut Referensi Induknya.

“Jika Shi’ah tersebar ke negara-negara selain Iran, seperti Yaman, Bahrain atau lainnya, itu nukan berarti bahwa Shi’ah merupakan aliran yang diakui umat Islam dalam jumlah banyak. Shi’ah yang berada di negara-negara selain Iran itu adalah minoritas dan tidak menunjukkan identitasnya secara publik, sehingga tidak nampak berbeda dari Ahlussunnah wal Jama’ah. Umumnya Shi’ah selain Iran adalah Shi’ah Zaidiyyah yang mengakui kelebihan ‘Ali bin Abi Talib daripada Khalifah yang lain dan tidak sampai mengkultuskannya. Meskipun di beberapa negara kini terdapat orang-orang yang menganut ajaran Shi’ah namun nampak sekali pengaruh Shi’ah Ithna Ashariyyah yang menyebarkan sistim politik Wilayat al-Faqih atau Imamah ke luar Iran. Sehingga kini di Yaman yang dulu kebanyakan beraliran Shi’ah Zaidiyyah sudah berubah menjadi Imamiyyah. Demikian pula Shi’ah di Syiria yang dulu beraliran Nushairiyyah, kini telah bercampur dan bersatu dengan aliran Imamiyyah.”

(Khoirul Anwar al-Hafizh (penerjemah), Syi’ah Nushoiriyyah di Syria (Jakarta: FSQ Publishing, 2012), bab 3)

Dari kutipan di atas, dapat diketahui bahwa syi’ah yang ada di Yaman sudah dipengaruhi oleh paham syi’ah Imamiyyah atau Itsna Asyariyyah.

Advertisements

One thought on “Konflik Yaman: Siapa Saja yang Membantu Arab Saudi?

  1. Pingback: Mengapa Khawarij Diperangi Pemerintah? | My Ideas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s