“Mereka” Itu HIdup

Saya selalu ingat bahwa ayat-ayat Al-Quran itu hidup dan senantiasa menunjukkan mu’jizatnya, baik kepada yang membacanya, menuliskannya/menyalinnya (khat), maupun kepada yang mendengarnya. Itulah Al-Quran dengan penuh kemu’jizatan sebagai bacaan (Al-Qur-aan, Al-Kitaab, Adz-Dzikr, dan Al-Furqaan).

Dalam terjemahan Al-Quran, disebutkan,
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah, gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan, mereka bertawakal.” (Al-Anfaal: 2)

Padahal, dalam teks aslinya (yang berbahasa Arab), terjemahan “bertambah (kuat) imannya” itu berasal dari bahasa Arab “zaadathum iimaanan”. “Zaadathum iimaanan” itu berarti ayat-ayat-Nya sebagai mubtada’ (subyek), sedangkan iman (iimaanan) sebagai maf’ul bih (obyek). Hal ini berbeda (kontradiktif secara struktur kalimat) dengan kalimat terjemahannya “bertambah (kuat) imannya)” yang berarti bahwa iman justru sebagai subyek sedangkan ayat-ayat hanya sebagai keterangan alat (tidak aktif/tidak hidup).

Selain itu, kata “Al-Mu’minuuna” pun sebenarnya maknanya sedikit berbeda dengan sekadar “orang-orang yang beriman”. Orang mu’min itu pekerjaan “berimannya” sudah menjadi sifat. Berbeda dengan “alladziina aamanuu” yang baru bisa diterjemahkan dengan gamblang sebagai “orang-orang yang beriman”.

Jadi, mu’jizat Al-Quran itu baru bisa benar-benar dirasakan oleh orang-orang yang “betul-betul” beriman kepadanya. Walaupun begitu, karena ayat-ayat Al-Quran itu hidup, maka bisa saja atas izin Allah seseorang yang tidak sengaja mendengar bacaan Al-Quran akan Allah beri ia hidayah/taufiq. Ini telah dibuktikan betapa banyaknya manusia yang masuk Islam hanya dengan tidak sengaja mendengar, atau tidak sengaja membaca, atau dengan sengaja membaca tetapi tujuannya belum benar, tetap Allah beri mereka hidayah sehingga mereka masuk Islam.

alquran

Sumber awal: kajian Ustadz Saiful Islam Mubarak dengan tambahan perenungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s