I Love Arabic Language <3

Sertifikat Bahasa Arab Actarina G

 

Alhamdulillaah inilah sertifikat kelulusanku atas perjuanganku selama ini belajar bahasa Arab khusus Ilmu Sharaf tahap awal di Program BISA via Whatsapp 🙂 Alhamdulillaah… Semoga ini menjadi jalanku untuk lebih mengenal-Mu…

Ya Allah Jangan biarkan aku merasa ujub sedikit pun akan keberhasilanku lulus dalam proses belajar bahasa Arab 😥 karena seharusnya aku sadar betul bahwa semua ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa pertolongan-Mu… Jauhkan aku dari sifat ujub dan sombong ya Allah… Jauhkan… 😥

Ingin mengingat masa lalu ketika aku pertama kali belajar bahasa Arab. Kapan ya? Hmm… Aha! Ternyata setelah aku flashback ke masa kecil, aku pun telah mulai belajar bahasa Arab. Ya, aku yang disekolahkan di sekolah umum di mana pelajaran agama hanya 2 jam tiap minggunya, mana bisa terbayang ternyata ketika aku duduk di bangku kelas 5 SD, aku pindah rumah dan aku pun pindah tempat pengajian dekat rumah, yakni di Madrasah Tarbiyyah. Subhanallaah… Aku tidak bisa melupakan itu karena di sanalah aku pertama kali belajar bahasa Arab dengan Learning by Doing. Apa maksudnya? Aku yang baru saja datang dengan ketidaktahuanku akan bahasa Arab sama sekali, aku jadi terpaksa harus ikut teman-temanku di sana belajar bahasa Arab “setiap hari” ^^a

Jujur, saat itu aku sangat kikuk karena datang-datang sudah disuruh mengerjakan latihan soal bahasa Arab dengan menerjemahkan kalimat-kalimat soal dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia haha… Sang Ustadz tidak pernah tuh memberikan materi ilmu nahwu dan sharaf dari nol kepadaku yang masih awam. Aku dan adik-adikku hanya disuruh mengerjakan soal begitu saja. Tapi, ternyata aku bisa-bisa aja pada akhirnya haha… 😀

Ya iyalah… aku dikasih soal anak SD kelas 3 haha… Padahal aku sudah kelas 5 SD.

Di sana pula aku mulai belajar Khatt atau Menulis Indah. Subhanallaah… Betul-betul pengalaman yang mengesankan! 😀

Di sana pun aku terbiasa membaca bahasa melayu dengan tulisan arab gundul (tidak ada harakatnya) 🙂 Bahkan aku juga terbiasa menghafalkan kitab-kitab, seperti kitab Tauhid, Fikih, Akhlaq, Tajwid, Muthala’ah (cabang ilmu bahasa Arab), Muhaddatsah (cabang ilmu bahasa Arab juga), dll, dalam “bahasa Arab”. Setiap hari aku harus setoran hafalan kitab dalam bahasa Arab beserta artinya. Tidak heran bukan jika dewasanya, aku masih suka belajar bahasa Arab hihi…

Saat aku kuliah pun, semangatku untuk belajar bahasa Arab mulai muncul ketika aku mengetahui bahwa di unit Majelis Ta’lim Salman ada program bahasa Arab. tapi sayangnya, ketika aku mendaftar, program itu dihapus 😦

Aku pun Allah beri kesempatan untuk menghadiri kajian tafsir bersama Ustadz Saiful Islam Mubarak di Daarut Tuhid setiap Jumat sore. Saat itu, aku semakin menginginkan bisa belajar bahasa Arab untuk bisa juga memahami Al-Quran 😥

Alhamdulillaah aku bisa bertemu Bu Demmy di rumahnya, Gerlong, untuk belajar bahasa Arab bersama senior-seniorku, Teh Mira dan Teh Dina. Hmmm… menarik bukan kisahku? 🙂

Sayangnya, prosesku dalam belajar bahasa Arab harus terputus karena aku harus fokus Tugas Akhir ^^ dan alhamdulillaah aku sampai sekarang masih diberi kesempatan belajar bahasa Arab sekaligus bahasa Inggris di PIMPIN dan bahkan aku berhasil melewati proses belajar ilmu sharaf untuk pemula di Program BISA sehingga aku memperoleh sertifikat seperti gambar di atas ^^

Dan… tiba-tiba suamiku memberiku surprise hadiah buku yang aku inginkan baru-baru ini karena aku memperoleh gelar mumtazah pada nilai akhir yang aku peroleh dan menjadi peringkat 2 di kelas:

photo0113

 

Apalah arti semua ini jika aku tidak serius untuk melanjutkan mendalami bahasa Arab sampai aku bisa betul-betul membaca kitab-kitab berbahasa Arab untuk menyelam ke lautan ilmu. Selain itu, semoga dengan paham bahasa Arab, aku akan lebih khusyuk dalam tilawah dan shalat nantinya, serta lebih mudah menghafal Al-Quran. Semangat Rinaaa…!!! Katanya mau sekolah di Arab Saudi ^^ biar bisa segera menunaikan ibadah umrah dan haji 🙂

Leave a Reply

