Kekuasaan Itu…

Ini saya copas dr akun facebook Ilmu Jendela Hati ^^

Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kpd siapa pun yg Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dr siapa pun yg Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yg Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yg Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa ataa segala sesuatu.” (terjemahan QS 3: 26)

Pada hakikatnya, kata “tu’tii” bukanlah “memberikan”, tetapi hanya “mendatangkan”. Siapa pun yg diberikan kekuasaan pada hakikatnya itu bukanlah miliknya. Kekuasaan itu benar2 datangnya dari Allah. Terserah Allah mau memberikan ke siapa pun, baik kepada orang yg baik maupun kepada orang yg buruk. Allah pun berhak mencabut kekuasaan tsb kapan pun, baik karena habis periodenya dalam kemuliaan, maupun dalam kehinaan, misalnya karena ketidakridhoan dr masyarakat.

Dari kekuasaan itu, seaeorang bisa mulia, bisa juga terhinakan. Salah satu tanda seseorang terhinakan oleh kekuasaan adalah ia diberi kekuasaan justru membuatnya jd teperdaya oleh dunia. Sebelum memperoleh kekuasaan teguh pendirian dlm Islam, tapi karena kekuasaan atau mengejar kekuasaan, ia jadi mengubah tujuan hidupnya. Maka dari itu, kekuasaan jangan dijadikan tujuan.

Dalam merebut kekuasaan, ada yg menang dg kemuliaan, ada yg menang dg terhinakan, ada juga yg kalah tetap mulia di sisi Allah, tetapi ada juga yg kalah dg kehinaan. Yg terakhir inilah yg paling rugi krn rugi di dunia dan akhirat. Bagi para caleg, seharusnya dari awal sudah siap mental jika kalah. Mau dibawa ke mana sikap menanggapi kekalahan? Kepada takwa atau sebaliknya? Karena yg harus disadari adalah yg akan dapat memperoleh kursi hanya sedikit. Pasti akan banyak yg gagal. Jadi, para caleg harus siap dg apa pun yg akan terjadi.

-intisari taushiyah ust Dr. Saiful Islam Mubarak, Lc., M.Ag.-

kekuasaan-politik-smilingchen-blogspot-com_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s