Resep Nasi Goreng Tanpa Bumbu Instan

Nasi goreng

Saya biasanya tidak pernah menggunakan ukuran-ukuran terstandar. Saya hanya mengira-ngira. Namun, perhatikan bahan-bahan dan tips-tipsnya di bawah ini karena ini yang menurut pengalaman saya yang akan membuat masakan terasa enak. Tentu, berkali-kali mencoba membuat seseorang menjadi lebih mahir mengira-ngira ukuran bahan-bahannya. Tapi tidak semua mau belajar bereksperimen resep seperti apa yang paling efektif agar masakan terasa enak.

Seperti biasa, sebelum memasak, sebaiknya semua bahan dan bumbu telah disiapkan. Apa saja bahan yang harus disiapkan untuk 2 porsi adalah sebagai berikut.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Cabe merah keriting sekitar 5 buah
  • Bawang merah sekitar 5 siung
  • Bawang putih sekitar 3 siung
  • Terasi secukupnya

Dalam menghaluskan bumbu di atas, sebaiknya tidak menggunakan mesin blender agar tekstur hasil penghalusan bumbu masih agak kasar, tidak terlalu halus. Biasanya ini (menurut saya pribadi) lebih enak. Namun, jika dirasa waktu sedang mendesak dan energi sedang tidak optimal, boleh lah menggunakan mesin blender ^^ Tipsnya agar mudah menumbuk dengan tangan, pertama-tama bumbu-bumbu tersebut tidak perlu benar-benar halus, lalu ditumis sebentar dengan minyak yang sedikit hingga lunak, lalu dimasukkan kembali ke alat penumbuk untuk ditumbuk lagi hingga halus.

Jika tidak ada alat penghalus sama sekali, bumbu-bumbu di atas bisa diiris setipis-tipisnya dan jumlahnya diperbanyak. Misalnya, bawang merah menjadi 8 siung. Ini penting untuk kualitas rasa yang dihasilkan. Jika tidak ada terasi, bisa diganti dengan udang rebon atau teri rebon. Tambahan yang satu ini pun sangat memengaruhi rasa agar enak walau tanpa MSG. Tapi kalau udang atau teri rebon juga tidak ada, tidak masalah. In syaa Allaah masih bisa terasa enak asalkan pandai-pandai menakar bumbu.

Bahan yang diiris:

  • Daun bawang
  • Bawang bombay
  • Bakso
  • Sayuran yang diinginkan, misalnya sawi, wortel, atau kol

Untuk daun bawang, sebaiknya diiris tipis-tipis agar mudah layu karena banyak yang tidak suka tertelan daun bawangg yang masih mentah. Begitu juga sayuran.

Bahan selanjutnya:

  • Yang pasti nasi untuk 2 porsi
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica
  • Kecap
  • Saos jika dibutuhkan
  • Kemiri jika dibutuhkan
  • Telor 1 atau 2 butir

Pertama-tama, seperti biasa, tumis sebagian/sedikit bumbu yang dihaluskan hingga harum dengan api sedang, lalu goreng telor untuk diorak-arik. Untuk mengorak-arik telor, tunggu hingga sedikit matang sebelum diorak-arik agar tidak menjadi amis dengan api kecil. Tambahkan garam dan merica sedikit saja kira-kira sepucuk sendok teh, lalu campurkan semua, termasuk telor dengan bumbu sebelumnya. Setelah telor matang dan tercampur dengan bumbu, lalu tambahkan lagi bumbu sisanya yang telah dihaluskan dan irisan bawang bombay. Minyak yang digunakan tidak perlu terlalu banyak untuk mencegah kolesterol berlebih. Ada baiknya minyak yang telah panas ditambahkan margarin atau blue band secukupnya agar rasa lebih enak.

Kemudian, masukkan bakso, goreng bersama telor yang telah diorak-arik dan bumbu sebelumnya hingga setengah matang. Baru masukkan sayuran yang telah dipotong-potong, ratakan hingga hampir matang. Kemudian baru masukkan nasi, kecap, garam, gula, saos, dan bubuk kemiri jika dibutuhkan. Terakhir, masukkan daun bawang. Daun bawang harus terakhir agar tidak terlalu layu dan dapat memberikan efek rasa dan keharuman yang menambah selera. Aduk hingga merata dan matang. Setelah matang, nasi goreng siap disajikan ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s