Sayur Asem Khas Jawa dan Jakarta

Awalnya saya bingung kenapa dulu tetangga sebelah rumah ngasih sayur asem rasanya manis. Soalnya, ibu saya kalau masak sayur asem, kuat di rasa asinnya dari pada manisnya.

Ibuku, memang jago masak. Bukan karena variasi masakan yang beliau pernah masak, tetapi ketika beliau memasak sesuatu bahkan yang sudah dikenal seluruh Indonesia, ibuku pasti mendalami resep masakan tersebut. Haha sepertinya karakter ibu yang satu ini nurun ke saya. Cuma, saya orangnya suka coba-coba bikin resep sendiri. ^^

Seperti contoh, sop. Aku pernah nanya, “Ma, sebenarnya sop itu pake pala gak sih?” Ibuku jawab, “Mama pernah nyoba semua cara. Pernah pake pala, pernah gak pake pala. Enakan yang pake pala.” Aku pun mengangguk-angguk. Maka, doktrin ibuku aku pake terus. ^^ Tapi pake pala jangan kebanyakan. Sedikit aja. Katanya bisa bikin mabuk kalau kebanyakan. Maksimal itu setengah biji pala lah ya… untuk sepanci standar.

Nah, aku pun pernah nanya terkait sayur asem. “Ma, sayur asem kok ada yang manis ya? Bahkan, di Bandung tuh sering nemunya yang manis. Kalau Rina sih lebih suka yang bikinan mama, yang asin gurih.” Haha emang aku sukanya makanan berat tuh yang asin-asin dari pada yang manis-manis. Jawab ibuku, “Kalau di Jawa mah asin. Jakarta juga sama, asin. Yang manis itu yang Sunda.” Hoo… Baru tau akuuu…

Pertama kali aku masak sayur asem itu, ibuku mengajariku, ternyata rumit ya. Ada bumbu yang ditumbuk dulu, ada yang langsung dimasukin tetapi dikeluarkan lalu dimasukin lagi, ada yang digeprek doang. Lalu, ketika aku coba di rumah (Bandung), aku lupaaa haha… Mulailah aku buka internet. Ternyata dugaanku benar. Bumbunya sesuai yang aku ingat. Aku coba deh masak sayur asem lagi.

Dan aku tetap berusaha memegang idealismeku sebisa mungkin gak pake MSG, kecuali terdesak atau untuk perbandingan. Sayur asem yang kubuat pun gak pake MSG. Setelah kucoba, hmm… enak juga… Buat apa MSG kalau tanpa MSG udah enak begini hehe…

sayur asem

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s