Berbanding Terbalik

padi

Mungkin pernah terlintas di benak kita, kita lebih baik dr orang lain, entah orang di samping kita, atau orang di seberang sana. Lalu, ada rasa bangga/ujub terselip dlm diri. Entah apa itu yg membuat kita mengklaim diri sendiri lebih baik drpd yg lain. Apalagi ketika kita menerima penghargaan/mendapat pujian. Bisa jadi hati kita makin berbunga-bunga.

Rasa senang akibat dipuji saja sudah bagian dr ujub. Astaghfirullahal’azhim.. A’udzubillahi min dzalik.. Apalagi sudah men-judge diri lebih baik dr org lain?!

Padahal, apa yg terlihat di mata manusia belum tentu sama dg apa yg terlihat oleh Yang Maha Melihat. Lagi pula, pada hakikatnya, jika manusia sadar sepenuhnya bahwa dirinya sebenarnya makhluk hina yg lemah di hadapan Allah, seharusnya ia justru merasa khawatir jika dipuji oleh orang lain. Karena bisa jadi itu tanda banyak aibnya yg tdk terlihat oleh orang lain, tetapi sebenarnya lebih besar aibnya drpd kebaikannya. Benar, kata aa gym bhw seseorang menghargai kita karena Allah menyembunyikan aib kita. Benar pula doa salah seorang sahabat Nabi bahwa beliau memohon agar beliau menjadi orang yg lebih baik drpd pujian yg dikatakan orang lain dan beliau berlindung dr perbuatan buruk yg tdk diketahui orang lain.

Saya pun menyimpulkan dr apa yg saya pahami bhw sebenarnya yg harus kita sadari adalah hubungan kemuliaan seseorang dg rasa tinggi hatinya itu BERBANDING TERBALIK. Makin ia merasa tinggi hati dg merasa lebih baik drpd orang lain, maka ia justru makin turun derajat kemuliaannya di hadapan Allah. Huft.. Semoga saya dijauhkan dr sifat keji ini :( BERBANDING TERBALIK rasanya istilah yg sangat menusuk dan sindiran ampuh terutama bg orang yg terbiasa berpikir dg otak kiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s